Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui Ibu

Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui Ibu

Setelah mengandung dan melahirkan, fase baru yang harus dilewati oleh seorang ibu adalah merawat bayi mereka yang baru lahir. Cukup banyak ibu yang merasa panik dan bingung ketika harus melakukan berbagai perawatan pada bayi, terutama mereka yang pertama kali melahirkan. Oleh karenanya, pengetahuan mengenai cara merawat bayi baru lahir menjadi penting untuk dimiliki.

Ya, dengan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk merawat bayi yang baru lahir menjadi hal yang sangat krusial, di mana nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan dan tumbuh kembang bayi. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait merawat bayi yang baru lahir.

Apa saja yang ibu harus lakukan? Simak ulasan di bawah ini.

 

Cara Merawat Bayi Usia 0-6 Bulan

 

Usia 0-6 bulan bisa dikatakan usia yang cukup krusial untuk bayi. Oleh karena itu, seorang ibu harus melakukan perawatan yang tepat. Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat bayi dalam usia ini adalah sebagai berikut:

 

  • Menciptakan bonding

Bonding adalah ikatan yang terbangun antara ibu dan anak. Ini adalah hal yang sangat penting karena akan berpengaruh pada perkembangan emosional bayi, selain juga perkembangan fisik. Banyak bukti menjelaskan bahwa anak cenderung berkembang dengan lebih baik jika di dalamnya terdapat kasih sayang yang maksimal dari orang tua mereka.

Untuk merawat bayi yang baru lahir pada usia 0 hingga 6 bulan, mulailah menciptakan bonding dengan membelai bayi dengan lembut, menggendong, dan lainnya. Tentu, hal ini adalah tugas untuk ayah dan ibu.

 

  • Mengganti popok

Mengganti popok mungkin perkara yang cukup mudah dan sepele. Namun, hal ini tetap saja perlu perhatian dan penanganan khusus. Bayi usia 0-6 bulan bisa memerlukan popok hingga 10 kali dalam sehari.

Selain penggantian popok, hal yang paling penting untuk diperhatikan orang tua dalam merawat bayi yang baru lahir adalah bagaimana membersihkan organ vital bayi. Tentu saja, kebersihan organ vital harus dijaga untuk menghindari masalah yang merugikan. Pastikan Anda –sebagai orang tua, belajar cara membersihkan organ vital bayi dan membuatnya tetap steril.

 

  • Menyusui bayi

Memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama adalah hal yang harus diusahakan. Selain sebagai upaya membentuk ikatan dengan bayi, pemberian ASI juga merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dengan maksimal.

Bayi yang baru lahir mungkin membutuhkan 8 hingga 12 kali pemberian ASI dalam satu hari. Tidak hanya itu, bahkan seorang ibu harus membangunkan bayinya untuk memberikan ASI agar kebutuhan nutrisi mereka bisa terpenuhi.

 

  • Memandikan bayi

Memandikan bayi adalah upaya yang tepat untuk menjaga kebersihan tubuh mereka. Hanya saja, perlu perlakuan khusus untuk memandikan bayi yang baru lahir. Anda mungkin bisa mengelap tubuh mereka dengan lap lembut dan air hangat. Namun, perhatikan pula reaksi kulit bayi untuk menghindari iritasi.

 

Beberapa hal di atas adalah cara merawat bayi yang baru lahir yang perlu untuk diketahui. Jangan lupa untuk melakukan review dari cara tersebut untuk mengetahui kekeliruan yang mungkin terjadi.