4 Langkah Tepat agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

4 Langkah Tepat agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

Kondisi cuaca yang berubah-ubah tidak jarang membuat tubuh anak menjadi rentan terhadap penyakit.  Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Selain itu, ini 4 langkah tepat agar daya tahan tubuh anak kuat.

 

  1. Ajak Anak Olahraga Bersama

Berdasarkan sebuah penelitian, anak berisiko dua kali lebih tinggi terserang infeksi apabila ia mengalami kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang berat badannya proporsional. Olahraga yang dilakukan sesuai takaran akan membuat anak bugar sehingga ia bisa lebih aktif dan produktif.

Membiasakan anak berolahraga kepada anak dapat membantu anak terhindar dari berbagai penyakit termasuk obesitas. Salah satu fungsi dari latihan fisik adalah untuk meningkatkan kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi.

 

  1. Sediakan Makanan Sehat

Gizi yang baik akan mendukung tumbuh kembang anak sesuai usianya. Buah dan sayur termasuk dalam asupan gizi yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Ibu perlu memastikan anak mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran dalam menu makanannya sehari-hari.

Keduanya merupakan nutrisi alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Secara umum anak di bawah 5 tahun mudah terserang penyakit, sehingga asupan sehat akan membantu membentuk daya tahan tubuhnya.

Banyak makanan yang dapat orang tua pilih sebagai alternatif untuk memperkuat daya tahan tubuh anak. Buah-buahan, sayur, hingga susu dan produk olahannya merupakan jenis makanan sehat yang bisa ibu berikan kepada anak. Susu mengandung tinggi kalsium, protein dan beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

 

  1. Mengurangi Asupan Gula

Perlu ibu ketahui gula berlebih dapat mengganggu pertumbuhan anak. Membiarkan anak mengonsumsi banyak makanan manis dan bergula juga dapat melemahkan kekebalan tubuhnya. Memperhatikan asupan gula yang memadai pada anak merupakan hal yang penting bagi orang tua.

Lemahya kekebalan tubuh anak, akan turut menurunkan kemampuan tubuhnya untuk melawan kuman. Berdasarkan sebuah penelitian, satu sendok teh gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh hingga empat jam lamanya. Risiko terhadap kesehatan juga meningkat, jika kebiasaan mengonsumsi gula berlebih pada anak dibiarkan hingga dewasa.

Orang tua dapat memberikan susu 0% sukrosa atau bebas gula untuk mencegah dampak buruk kelebihan asupan gula pada anak. Perhatikan kandungan nutrisi dalam susu yang hendak diberikan kepada anak. Anak usia 1-3 tahun, perlu diberikan susu pertumbuhan dengan nutrisi yang lengkap untuk menunjang tumbuh kembangnya.

 

  1. Biasakan Pola Tidur Teratur

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan, tidak hanya terjadi pada orang dewasa, begitu juga pada anak-anak. Ibu perlu menerapkan jadwal tidur anakk yang teratur. Biasakan anak tidur siang jika memungkinkan. Sebisa mungkin hindari kebiasaan begadang pada anak.

Itulah beberapa langkah yang bisa ibu terapkan agar daya tahan tubuh anak kuat. Selain itu, ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan. Pastikan ia selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta setelah kembali dari sekolah atau bermain di luar rumah.