Mesin Kopi Mudah Rusak? Begini Cara Merawat Mesin Kopi agar Tetap Awet

Mesin Kopi Mudah Rusak? Begini Cara Merawat Mesin Kopi agar Tetap Awet

Sama halnya dengan mesin-mesin lainnya, mesin pembuat kopi juga membutuhkan perawatan yang optimal agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Perawatan mesin pembuat kopi ini dilakukan agar kita tetap mendapatkan hasil kopi yang baik. Lalu, bagaimana cara merawat mesin kopi yang benar?

 

Bersihkan Noda Pada Mesin

 

Pertama, bersihkan noda-noda yang menempel pada mesin pembuat kopi. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya. Sikat dan gosok bagian-bagian yang bernoda dengan menggunakan spons lembut secara perlahan-lahan.

Apabila ada bagian noda yang sulit terjangkau, gunakan bahan khusus untuk membersihkan noda tersebut. Jika sudah selesai digunakan bilaslah mesin menggunakan air hingga bersih kemudian keringkan mesin tersebut.

 

Merawat Mesin Pembuat Kopi

 

Komponen-komponen pada mesin pembuat kopi sering sekali meninggalkan bekas jika sudah selesai digunakan. Apabila tidak rajin dibersihkan maka akan menyebabkan penumpukan sisa-sisa kopi, hal ini akan menyebabkan rasa kopi menjadi berkurang.

Rawatlah dengan rutin. Bersihkan dengan bahan kimia khusus untuk pembersih mesin pembuat kopi. Pastikan Anda membersihkan setiap sudut mesin dengan teliti dan baik agar tidak meninggalkan sisa-sisa kopi.

 

Bersihkan Portafilter

 

Apabila mesin selesai digunakan, bersihkan bagian ini setiap hari dengan menggunakan air panas. Caranya, Anda dapat merendam portafilter dengan air panas setidaknya 30 menit setelah dipakai. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa kopi yang menempel pada portafilter sehingga rasa kopi yang dihasilkan selanjutnya tidak tercampur dengan kopi sebelumnya.

 

Bersihkan Tempat Portafilter

 

Tuangkan teh atau baking soda ke dalam portafilter kemudian pasangkan portafilter ke tempatnya. Jika sudah, nyalakan mesin pembuat kopi kira-kira 10 detik dan hentikan selama beberapa detik kemudian aktifkan kembali mesin tersebut.  Lakukan beberapa kali atau minimal empat kali.

Jika sudah, lepaskan portafilter dari tempatnya kemudian cuci hingga bersih. Apabila sudah kering pasang kembali mesin dan nyalakan mesin selama 10 detik, namun perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan apabila mesin Anda dilengkapi dengan electric valve 3 arah yang memungkinkan backflushing.

 

Bersihkan Nozzle Uap atau Steam Wand

 

Alat ini harus selalu dibersihkan setelah digunakan. Biasanya saat susu di-steam dan busa susu terbentuk Anda harus mengelap steam wand dengan kain yang lembap, gunakan cukup satu kali untuk mengelap. Lap yang sudah digunakan untuk mengelap steam wand jangan sampai digunakan untuk membersihkan komponen lain karena akan merusak lubang semburan uap.

 

Bersihkan Shower Screen

 

Komponen ini merupakan tempat air yang tersambung dengan tempat portafilter. Gunakan kain atau lap kecil untuk membersihkan komponen ini dan pastikan tidak ada sisa kopi yang tertinggal pada shot sebelumnya.

Itulah cara merawat mesin kopi yang tepat dan bisa Anda lakukan di rumah. Jika Anda menginginkan hasil kopi yang selalu baik, maka Anda harus membersihkan mesin pembuat kopi secara rutin setiap hari setelah mesin digunakan.