8 Jenis Bahan yang Khusus Digunakan untuk Handbag Wanita

8 Jenis Bahan yang Khusus Digunakan untuk Handbag Wanita

Salah satu item fashion yang wajib bagi kaum hawa adalah tas, tak terkecuali jenis handbag. Tidak mengherankan apabila handbag wanita memiliki bahan dan model yang beragam. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan wanita dalam menunjang penampilan maupun menemani dalam berbagai kegiatan. Berikut beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai handbag.

Jenis Bahan yang Digunakan untuk Handbag

  • Kulit sintetis

Bahan ini merupakan bahan yang banyak digunakan untuk segala jenis tas termasuk handbag. Kelebihan dari kulit sintetis adalah awet, tidak mudah basah, dan kuat. Selain itu, permukaannya yang terlihat kinclong membuatnya terkesan glamor dan stylish. Tidak mengherankan apabila handbag berbahan kulit cocok dibawa saat pesta atau acara lain yang sifatnya resmi.

  • Kain kanvas

Handbag yang terbuat dari kain kanvas cenderung tipis dan tidak kaku. Walaupun terlihat rapuh, namun handbag kanvas tahan lama dan cukup kuat menahan barang-barang bawaan. Hal tersebut disebabkan karena serat kainnya rapat, tebal, dan kuat. Hanya saja, handbag kanvas tidak tahan air, dan warnanya cepat pudar apabila disikat terlalu kasar.

  • Kain denim

Jenis kain denim juga kerap digunakan untuk membuat handbag. Bukan tanpa alasan, kain denim memiliki karakteristik yang kuat dan tahan lama sehingga cocok disulap menjadi tas. Selain itu, kainnya juga tidak mudah sobek karena teksturnya cukup tebal. Handbag denim saat dikenakan akan memberikan kesan elegan dan chic. Cocok digunakan untuk kegiatan yang santai.

  • Wol

Handbag rajut menjadi salah satu yang digemari banyak wanita. Alasannya, kombinasi warna yang menarik, pola rajutannya yang beragam, dan ornamen yang disematkan. Selain itu, handbag rajut juga cukup tahan lama dan kuat untuk menahan beban bawaan. Hanya saja, handbag rajut mudah basah dan kotor sehingga kurang cocok untuk kegiatan outdoor.

  • Rotan

Bagi yang menyukai hal yang memiliki nilai seni dan artistik tinggi, maka handbag rotan adalah pilihan terbaik. Umumnya, tas rotan memiliki bentuk yang bundar dengan tali panjang yang terbuat dari kulit. Warnanya pun beragam seperti kecoklatan, putih, dan hijau. Agar menambah daya tarik, biasanya permukaan handbag rotan dilukis atau ditambah dengan ornamen tertentu.

  • Kain suede

Hanbag yang terbuat dari kain suede pun sangat laku di pasaran. Kain ini memiliki karakteristik yang halus, tahan lama, dan tidak mudah panas saat terpapar sinar matahari. Tidak mengherankan apabila kain suede cocok digunakan sebagai handbag. Namun, handbag dari kain suede cenderung tipis, mudah kotor dan sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, harus dirawat dengan benar.

  • Kain felt

Nama lainnya adalah kain flanel yang terbuat dari serat wol. Kain ini sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, namun dapat juga sebagai bahan handbag. Salah satu daya tarik dari kain felt adalah pilihan warnanya yang cerah dan tajam. Sebaiknya, pilihlah handbag dengan kain felt yang sedikit tebal agar lebih awet.

  • Manik-manik

Pasti sudah tidak asing lagi dengan handbag manik karena sudah eksis sejak dulu. Kini, handbag manik sudah dibuat dengan model dan pola manik-manik yang beragam. Perpaduan warna yang digunakan pun semakin mempercantik tampilan tas. Biasanya, tas manik juga dikombinasikan dengan pegangan tali yang terbuat dari kulit dengan panjang yang beragam.

Kepopuleran handbag memang tidak ada matinya. Justru semakin berkembang dengan menghadirkan beragam bahan, model, hiasan. Tiap-tiap bahan memiliki keunggulannya sehingga sebagai pembeli harus cermat dalam memilih agar tidak sesuai dengan selera dan kebutuhan. Namun, apabila tidak ingin pusing cukup pilih saja handbag kulit yang lebih netral dan fleksibel untuk berbagai keperluan.