Tips Merawat Anak Sehat dan Cerdas

7 Tips Merawat Anak Sehat dan Cerdas

Semua orang tua pasti berharap anak mereka bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Untuk mewujudkannya, orang tua perlu menerapkan pola perawatan yang tepat. Berikut adalah 7 tips perawatan anak sehat dan cerdas yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

  1. Berikan Gizi yang Lengkap

Pemenuhan gizi buah hati jelas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh semua orang tua. Pastikan Anda menyajikan makanan dengan gizi lengkap agar pertumbuhan anak bisa berjalan lancar. Bahkan pemenuhan gizi ini juga harus dilakukan sejak anak masih di dalam kandungan.

Pemberian gizi yang lengkap pada anak seringkali dianggap sepele padahal penting sekali bagi masa depannya. Tidak hanya protein, karbohidrat, dan lemak, anak juga membutuhkan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Jika tidak cukup dengan makanan, orang tua bisa memberikan suplemen tambahan bagi si kecil.

  1. Susun Catatan Pertumbuhan

Buatlah catatan mengenai pertumbuhan anak mulai dari pertambahan tinggi badan hingga berat badan. Anda bisa menggunakan KMS (Kartu Menuju Sehat) untuk memantau apakah grafik pertumbuhan anak bergerak naik atau tidak. Jika grafik pertumbuhan datar bahkan menurun segera konsultasikan ke dokter anak.

  1. Biarkan Anak Mengeksplorasi

Jangan halangi anak mengeksplorasi lingkungan dan benda-benda di sekitarnya. Tugas orang tua hanya mengawasi agar anak tetap bisa bermain dengan aman. Bantu anak mengenal lingkungannya dengan baik. Banyak orang tua yang ketat menjaga anak hingga lupa bahwa anak perlu mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

  1. Berikan Permainan Edukatif

Manfaatkan waktu bermain anak untuk belajar menggunakan aneka jenis permainan edukatif. Saat ini ada banyak sekali jenis permainan edukatif yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari puzzle, buku bacaan anak, flash card, dan masih banyak lagi.

Pilih jenis permainan yang bisa melatih motorik dan kecerdasan otak anak. Sesuaikan juga jenis mainan dengan usia si kecil. Selain itu pastikan jenis mainan yang dipilih terbuat dari bahan yang aman.

  1. Ajarkan Anak untuk Mandiri

Sedini mungkin ajarkan anak Anda untuk mandiri. Berikan kesempatan pada anak untuk melakukan aktivitas sendiri sesuai kemampuannya. Misalnya saat anak sudah memasuki usia 9 bulan, coba berikan finger food dan sajikan makanan untuk ia makan sendiri.

Contoh lainnya adalah mengajari anak untuk bertanggung jawab dengan mainan yang mereka miliki. Biasakan anak untuk mandiri dengan membereskan dan menyimpan mainan mereka setelah digunakan.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Anak berperilaku sesuai dengan apa yang mereka lihat sehari-hari. Orang tua wajib memberikan contoh perilaku yang baik agar anak bisa tumbuh seperti yang kita harapkan. Contoh paling sederhana adalah memperlihatkan kebiasaan makan sayur dan buah untuk tubuh yang sehat.

Banyak sekali jenis contoh perilaku baik yang bisa diajarkan kepada si kecil. Menunjukkan kasih sayang dengan keluarga dan orang lain juga bisa menjadi contoh yang baik untuk anak tercinta.

  1. Pastikan Waktu Tidur Cukup

Perlu diketahui bahwa waktu tidur atau istirahat sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Anak membutuhkan tidur yang cukup agar mereka bisa tumbuh dengan optimal. Orang tua sebaiknya mengatur jadwal tidur anak dan membantu anak untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Itulah tadi 7 cara merawat anak sehat dan cerdas yang bisa Anda terapkan. Setiap anak memang memiliki karakter masing-masing. Namun, orang tua juga memiliki peran penting dalam membentuk dan mengarahkan anak mereka. Pastikan Anda memberikan yang terbaik untuk si kecil dengan cara yang tepat dan efektif.